abc2dcd4-979b-48c3-88c7-e1e291cca0ba
1 Menit
394 videos • 12 subscribers • 617,311 views
Mengangkat permasalahan keseharian yang ternyata memiliki dampak besar. Diramu dalam video berdurasi maksimal satu menit.
ASN 4.0 Kerja Dari Rumah? 709 • Dipublish 12 Agustus 2019
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mewacanakan akan buat aturan ASN bisa kerja dari rumah. Deputi SDM KemenPAN-RB, Setiawan Wangsaatmaja mengatakan ASN akan memiliki fleksbilitas kerja. Ini adalah model birokrasi baru pelayan negara 4.0.

Menurutnya fleksibilitas kerja ASN bisa menambah daya tarik masyarakat sipil agar bergabung untuk ikut melayani rakyat. Instansinya juga sudah melakukan sistem online untuk rekrutmen pegawai baru dalam rangka menambah fleksibilitas kerja.

Nantinya ASN juga diharapkan bisa bekerja melalui sistem online. Sehingga, budaya kerja bisa berubah dan bisa dilakukan dimana saja. Budaya kerja seperti ini sama dengan apa yang dilakukan oleh perusahaan start up.

Meski begitu, Setiawan belum memastikan kapan kebijakan ini akan berlaku ke semua ASN.

Kebijakan baru ini langsung mendapat respon dari pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio. Ia mengatakan bahwa kinerja ASN dalam bekerja di kantor saat ini saja kurang memuaskan. Khawatir jika muncul kebijakan ini ada potensi memperburuk kinerja.

Secara lebih rinci ia mengatakan bahwa budaya kerja pemerintah dan start up berbeda. Sehingga, tidak mungkin mengimplementasikan kebijakan yang sama.