Oh Gitu
5 videos • 1 subscribers • 3,587 views
Fakta-fakta menarik tentang semua hal disekitarmu.
Kebun Raya Bogor Tertua Di Dunia? 500 • Dipublish 2 Juli 2019
Kebun Raya Bogor yang jadi kebanggaan kita emang bukan yang tertua di dunia. Tapi ternyata punya potensi buat jadi yang tertua di dunia. Loh kok bisa? Saat ini, Kebun Raya Bogor telah memasuki usia 202 tahun. Usia itu ditetapkan ketika Gubernur Jenderal Belanda, Godert Alexander Gerard Philip van der Capellen, mendirikan Kebun Raya Bogor dengan nama Lands Plantentuin te Buitenzorg pada 18 Mei 1817. Pembangunannya dipimpin. Caspar Georg Karl Reinwardt, dibantu oleh James Hooper dan W. Kent dari Kebun Botani Kew yang terkenal di Richmond, Inggris.
Prof. Caspar Georg Karl Reinwardt adalah ilmuwan botani dan kimia berkebangsaan Jerman yang berpindah ke Belanda dan menjadi. Ia lalu diangkat menjadi menteri bidang pertanian, seni, dan ilmu pengetahuan di Jawa dan sekitarnya.
Reinwardt tertarik menyelidiki berbagai tanaman obat. Ia memutuskan untuk mengumpulkan semua tanaman ini di sebuah kebun botani di Kota Bogor, yang saat itu disebut Buitenzorg (dari bahasa Belanda yang berarti “tidak perlu khawatir”). Reinwardt juga menjadi perintis di bidang pembuatan herbarium. Ia kemudian dikenal sebagai seorang pendiri Herbarium Bogoriense. Merujuk kepada beberapa tulisan tentang sejarah berdirinya Kebun Raya Bogor, ada keterkaitan erat hutan Samidha dengan Kebun Raya Bogor. Misalnya LIPI menjelaskan bahwa hutan Samidha adalah merujuk pada artian hutan buatan/ lindung yang dibuat/ dibangun oleh Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi, Raja Kerajaan Pajajaran (1474-1513 ) . Hutan Samida dibangun untuk menjaga kelestarian lingkungan serta tempat untuk memelihara benih-benih kayu yang langka.
Merujuk Wikipedia, Kebun Raya Bogor pada mulanya merupakan bagian dari ‘samida’ (hutan/taman buatan) yang setidaknya telah ada pada pemerintahan Sri Baduga Maharaja.
Semua tulisan yang menjelaskan bahwa hutan Samida ini merupakan cikal bakal dari Kebun Raya Bogor, merujuk pada tulisan dalam Prasasti Batutulis.
Ini dikuatkan dengan ditemukannya tanda-tanda awal, berupa sebidang tanah yang terdapat bebatuan padat, yang seolah-olah ditata sedemikian rupa di dalam Kebun Raya Bogor. Hal itu diduga sebagai bukti tentang hutan Samida dan Kebun Raya Bogor sebagai bagiannya dalam Prasasti Batutulis. Walaupun membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya, tapi bila terbukti benar, maka Kebun Raya Bogor bisa dinobatkan sebagai kebun raya tertua di dunia, karena sudah ada sejak tahun 1500-an. Pembuktian itu menjadi penting untuk digunakan sebagai data penunjang kepada UNESCO. Semoga beneran terbukti deh, biar proposal ke UNESCO-nya buruan disiapin!