Guru Terbaik Dunia Dari Kenya

1,549 • Dipublish 28 Maret 2019

Peter Tabichi (36), guru dari Kenya dinobatkan sebagai 'guru terbaik sedunia'. Ia mendapatkan penghargaan Global Teacher Prize 2019 dari Varkey Foundation.

Peter yang juga seorang bruder Katolik menyisihkan 80% gajinya untuk kemajuan pelajaran IPA di Naruku, sebuah desa di Kenya. Karena latar belakangnya guru IPA Peter punya cara yang kreatif untuk mengajarkan muridnya pengetahuan alam. Bermodal materi ajar yan didapat dari warnet tengah kota, ia ajarkan murid-murid buat tenaga listrik dari bahan organik.

Punya keinginan kuat untuk mengajar gak cukup, Peter harus berurusan sama tantangan-tantangan lain. Daerah tempatnya mengajar mayoritas anak-anak miskin yang tidak peduli pendidikan. Belum lagi masalah orangtua yang prioritaskan anaknya nikah dari pada pergi ke sekolah. Tapi Peter berhasil meyakinkan orangtua murid agar bisa bersekolah dan punya masa depan.

Pendekatan Peter kepada orangtua juga butuh upaya yang besar. Ia mengajarkan orangtua murid bercocok tanam agar bisa mandiri.

Perjuangan Peter mengajar ilmu alam ke anak-anak membuahkan hasil. Karya sains muridnya mendapat penghargaan internasional dari ajang INTEL International Science and Engineering Fair di Amerika. Sebuah ajang kompetisi sains untuk anak sekolah di seluruh dunia dari perusahaan teknologi terkenal.

0 Komentar

0/200