#1MENIT | Bukber SD Beda Agama

1,098 • Dipublish 29 Mei 2019

SD Kristen Petra Jombang, Jawa Timur mengundang Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Plosogenuk untuk buka puasa bersama. Gak cuma MI Islamiyah Plosogenuk ada siswa-siswa dari SD Katolik Wijana dan SD anggota Gereka Kristen Wati Jawa ikut ramaikan acara kebersamaan di bulan Ramadan ini.

Bertema Ramadan Warna-warni memang sengaja diadakan oleh kepala sekolah SDK Petra untuk menanamkan nilai-nilai toleransi sejak dini. Riri Nurini Setianingrum percaya pertemuan lintas agama ini mampu tanamkan tolerasi di usia muda. Ia menambahkan acara kebersamaan ini guna menjaga kerukunan umat beragama di Kabupaten Jombang yang sudah berjalan sejak dahulu.

Jika melihat dinamika sosial daerah Jombang memang dikenal sebagai wilayah santri di Jawa Timur. Riri melihat santri dalam hal ini dalam konteks yang lebihs luas, yaitu orang-orang yang taat dalam beragama dan bisa menghargai perbedaan.

Murid-murid menyambut gembira acara berbuka bersama yang libatkan sekolah lintas agama ini. Banyak dari mereka merasa senang karena bisa bertemu dan berteman dengan anak berbeda agama. Mereka sadar bahwa tidak ada perbedaan yang dimiliki walaupun berbeda agama.

Sebelum waktu berbuka anak-anak bermain bersama ditengah lapangan. Jelang waktu maghrib murid-murid yang beragama Kristen dan Katolik dibantu guru mempersiapkan buka puasa dan salat. Saat wudhu murid beragama non-muslim pegangi selang untuk murid muslim wudhu ibadaha salat maghrib. Setelah itu ibadah salat dilaksanakan didepan gereja.

Harapan dengan acara keberasamaan lintas agama ini bisa menjalin silahturahmmi antar umat agar tetap lestari dan damai.

0 Komentar

0/200