a26dde42-6766-4aec-9e7c-4a9bd19fb66a

Takut Ular? Ke Sini Aja

285 • Dipublish 10 Juni 2019

Legenda di Irlandia menceritakan bahwa St. Patrick menggunakan kekuatan keyakinannya untuk menyihir semua ular yang ada di negara tersebut ke laut. Ini kisah yang mengesankan. Tetapi menurut sains, hal tersebut tidak mungkin terjadi.

Meski dikatakan bahwa tidak pernah ada ular di Irlandia, sama seperti di Hawaii, Islandia, Selandia Baru, Greenland, atau Antartika, namun sejarahnya bukan seperti itu.

Suatu waktu, Irlandia pernah terhubung ke daratan yang besar. Namun masa tersebut adalah Zaman Es, di mana tanah masih terlalu dingin untuk dihuni oleh reptil berdarah dingin.

Ketika Zaman Es berakhir sekitar 10.000 tahun yang lalu, gletser mencair, bahkan mengalirkan lebih banyak air dingin ke bentangan yang sekarang tidak bisa dilewati antara Irlandia dan negara tetangganya.

Hewan lain, seperti babi hutan, lynx, dan beruang coklat, berhasil menyeberang. Begitu pula kadal biasa. Akan tetapi, berbeda halnya dengan ular, yang tidak bisa melampauinya.

Reputasi ular yang bisa bebas di Irlandia agak jarang. Biasanya, penduduk yang memelihara binatang melata ini hanya sebatas simbol status.

0 Komentar

0/200