3678b72e-6311-41a3-b883-6e3161f107ec

Sophia Minuman Khas NTT

558 • Dipublish 21 Juni 2019

Pemerintah Nusa Tenggara Timur akhirnya meresmikan minuman alkohol resmi menjadi minuman legal. Kebijakan yang diidekan oleh Gubernur NTT Viktor Laiskodat ini akan mengatur peredaran, produksi dan izin penjualan minuman khas NTT tersebut. Universitas Cendana juga ikut dilibatkan dalam mengembangkan dan menciptakan standar produksi sopi yang baik untuk dikonsumsi masyarakat.

Bukan tanpa alasan pemerintah NTT legalkan minuman beralkohol 40% tersebut, yaitu untuk mengembangkan ekonomi masyarakat NTT. Minum sopi sudah menjadi budaya di masyarakat NTT seperti upacara adat, pernikahan, kematian ataupun untuk sekedar pengiring kegiatan bersosialisasi. Upaya melegalkan juga untuk mengatur konsumsi, peredaran dan kualitas sopi agar sopi opolosan yang berpotensi mematikan tidak lagi dikonsumsi masyarakat.

Peneiliti Center for Indonesia Policy (CIPS) Mercyta Jorsvinna melegalkan minuman beralkohol lebih rasional ketimbang melarangnya. Saat minuman menjadi legal pemerintah memberikan bentuk komitmen untuk mengatur peredaran dan konsumsi sopi. Sehingga, angka kematian terhadap minuman opolosan bisa menjadi tanggung jawab pemerintah.

Langkah ini juga dinilai lebih baik karena sulit mengatur orang ingin mengkonsumsi alkohol. Namun, kebijakan seperti ini harus dijalankan dengan komitmen yang konsisten agar tidak lepas kendali.

0 Komentar

0/200