#1MENIT | Indonesia Eksportir Tuna Terbesar

550 • Dipublish 25 April 2019

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan, Indonesia akhirnya menjadi eksportir ikan tuna terbesar di dunia. Padahal sebelumnya, lanjut Susi, Indonesia tidak pernah masuk dalam negara eksportir terbesar di dunia. Namun, saat ini Indonesia justru melesat menjadi raksasa penyuplai ikan tuna terbesar.

"Dulu tidak ada nama Indonesia. Tapi kita bisa. Sekarang nelayan dengan mudah mancing dapat tuna, realita tidak terbantahkan. Kita pemasok terbesar," imbuhnya.

Selain tuna, Indonesia pun menjadi eksportir kepiting laut nomor satu ke Amerika Serikat. Capaian-capaian ini menjadikan neraca perdagangan perikanan Indonesia ada di urutan nomor satu di Asia Tenggara. Menurut Susi, hasil ini tak terlepas dari pemberantasan illegal fishing yang dilakukan secara tegas dan intensif. Untuk diketahui untuk memberantas illegal fishing, dirinya mengeluarkan kebijakan penenggelaman kapal jika nelayan asing terbukti menangkap ikan di perairan Indonesia.

"Akhirnya setelah empat setengah tahun, 488 kapal sudah ditenggelamkan. Itu membuktikan negara bisa melakukan," ujar Susi.

Menurut Susi, aksi illegal fishing alias pencurian ikan di laut Indonesia oleh kapal-kapal asing telah menyebabkan nelayan Indonesia kehilangan mata pencahariannya.

0 Komentar

0/200