Setnov Pindah Lapas Bukan Solusi

<100 • Dipublish 18 Juni 2019

Akibat kelakuannya ketauan pelesiran beli keramik di daerah Padalarang, Jawa Barat, Setya Novanto dipindah sel dari Sukamiskin ke Gunung Sindur, Bogor Jawa Barat. Pemindahan ini langsung dilakukan oleh Kepala Kantro Wilayah Kemenkum HAM Jawa Barat Liberti Sitinjak setelah beredar kabar Setnov pelesiran.

Lapas Gunung Sindur sendiri adalah lapas khusus untuk napi teroris, termasuk napi yang melakukan kerusuhan di Mako Brimob Depok, Jawa Barat. Menurut Liberti Lapas Gunung Sindur memiliki pengawasan sangat maksimum. Pemindahan sel Setnov dilakukan agar ia kapok dan pengawasannya jadi maksimal.

Namun langkah pemindahan sel Mantan Ketum Golkar tersebut justru dikritik oleh Peneliti Indonesia Corruption Watch Kurnia Ramadhana. Ia berpendapat pemindahan sel gak cukup selesaikan masalah skandal serupa yang dilakukan oleh Setnov. Karena banyak kasus serupa pernah dilakukan oleh napi korupsi dengan alasan menjalani pengobatan di luar rutan.

Kurnia menambahkan Kemenkum HAM perlu memperbaikin pengwasan internal yang terjadi didalam lapas agar kasus serupa tak terjadi lagi. Kejadian Setnov ini juga menunjukkan kurangnya komitmen Kemenkum HAM bikin jera napi korupsi.

0 Komentar

0/200