ee77bdff-e93e-44b1-ac2d-bae3a40d429d

Mudik Naik Mobil Gampang Ngantuk

238 • Dipublish 10 Juni 2019

Perjalanan panjang mudik dengan mobil bikin kita gampang banget ngantuk. Ada beberapa alasan ilmiah yang bisa menjelaskan kenapa kita mudah ngantuk saat berada di dalam mobil.

Sebuah jurnal ilmiah dari Ergonomics menemukan fakta bahwa getaran mobil menjadi alasan penumpang di dalamnya mudah terlelap tidur. Getaran mobil yang konstan seakan mengayun kita dan membuat tubuh menjadi nyaman.

Meski dalam keadaan cukup tidur rata-rata penumpang yang ada didalam mobil mulau merasa ngantuk dalam waktu 15-30 menit perjalanan.

Suara dengung mesin yang konstan juga mendukung suasana mobil terasa nyaman. Dengungan yang terdengar dari dalam kabin mobil terasa konstan membuat nyaman telinga sehingga muncul perasaan yang nyaman seperti ketika berada di dalam tempat tidur.

Dengungan konstan yang mendukung suasana kantuk ini disebut sebagai white noise.

Teori lain mengatakan pemandangan jalan yang monoton juga ikut pengaruhi perasaan kantuk penumpang dalam mobil. Jika penumpang melihat keluar jendela pemandangan hanya itu-itu saja, jalanan berisi mobil, jejeran rumah dan hamparan sawah. Sehingga, mata menjadi lelah melihat dan mendorong leap tidur.

Konsep pemandangan monoton ini disebut sebagai highway hypnosis. Teori ini ditemukan oleh Geoffrey Underwood dalam bukunya yang berjudul Traffic and Transport Psychology: Theory and Appliction.

Teori yang ia kemukakan tidak berlaku pada motor karena ketika kendarai motor penumpang dan pengendara memiliki sudut pandang yang luas. Orang yang ada diatas motor bisa menoleh ke pandangan lain jika merasa bosan dengan sudut pandang yang sebelumnya.

0 Komentar

0/200