#1MENIT | Pemilu Indonesia Teribet Di Dunia

1,899 • Dipublish 18 April 2019

Sebuah badan riset politik Australia, Lowy Institute memiliki argumen pemilu di Indonesia adalah yang paling rumit di Indonesia. Mereka melihatnya dari berbagai sisi mulai dari penyelengaraan, pemungutan suara dan jumlah partisipan.

Penyelenggaran pemilu serentak selama 1 hari membuat Lowy Institute terkejut. Karena 193 juta orang memilih 245.000 caleg mulai dari DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan DPD. Selain anggota legislatif ada capres dan cawapres yang jadi pilihan rakyat.

Dari sisi cara pemungutan suara Lowy juga berkomentar. Indonesia masih melakukan sistem manual mulai dari pemungutan suara hingga penghitungan. Pemungutan suara dengan cara mencoblos kertas suara dinilai tidak lazim untuk negara yang besar seperti Indonesia. Belum lagi soal teknis pemungutan suara yang dilakukan pengecekan satu persatu surat tercoblos.

Belum lagi teknis pengiriman logistik yang dilakukan segala cara terutama di daerah-daerah terpencil. Surat suara serta bilik dikirim melewati sungai-sungai dengan perahu kecil untuk mencapai daerah tertentu. Kadang ada yang dilakukan dengan menggotong logistik diantar dengan berjalan kaki atau kuda.

Dibandingkan dengan India yang penduduknya hampir mencapai 1 miliar pun Indonesia masih dikenal ribet. Di India pemilu dilakukan selama 6 minggu secara bertahap. 930 juta penduduk memilih 450 partai berikut dengan anggota legislatifnya.

Padahal menurut badan riset tersebut India dan Indonesia memiliki koordinasi birkorasi yang lemah. Tapi Indonesia diakui bisa menjalankan pesta demokrasi dengan lancar.

0 Komentar

0/200