7e20887b-e8f9-4a07-8e30-d732d5fb113c

Plastik Kena Cukai Itu Bagus

331 • Dipublish 5 Juli 2019

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani baru aja usulkan biar kantong plastik ikut dikenai cukai. Kalau usulan ini sukses jadi kebijakan, efeknya gimana ya? Kalau dari usulan ini sih, tarif cukai plastik sebesar Rp30.000 per kilogram dan Rp200 per lembar. Setelah dikenakan cukai maka nantinya harga jual kantong plastik menjadi Rp450-Rp500 per lembar. Menurut Sri Mulyani, konsumsi kantong plastik di Indonesia masih tinggi. Sekitar 62 persen sampah di Indonesia merupakan sampah plastik. Di sisi lain, plastik punya dampak negatif terhadap lingkungan karena sangat sulit terurai sehingga perlu diatur peredarannya. Salah satu cara mengendalikannya yakni dengan mengenakan tarif cukai.

"Dampak sampah plastik di laut sudah banyak kita lihat. Ini ancaman bagi kehidupan kita sehingga banyak geralkan dari masyarakat meminta pemerintah melakukan pengendalian konsumsi plastik," kata Sri Mulyani. Saat ini, beberapa Pemerintah Daerah sudah mengeluarkan Peraturan Daerah mengenai larangan penggunaan kantong plastik. Bahkan, ada ritel yang sama sekali tidak menyediakan kantong plastik, sehingga mengemasnya dengan kardus ataupun kantong kain yang bisa dibeli secara terpisah oleh pembeli di kasir. Beberapa negara juga telah memberlakukan cukai terhadap kantong plastik, seperti Denmark, Afrika Selatan, Taiwan, Irlandia, dan sebagainya.

Negara yang menetapkan cukai tertinggi untuk kantong sampah yakni Irlandia sebesar 22,93 dollar AS atau sekitar Rp 322,990 perkilogram. Bahkan, Denmark telah menerapkan tarif cukai ini sejak 1998. Adapun jenis kantong plastik yang akan dikenakan tarif antara lain bijih plastik virgin yang terurai lebih dari 100 tahun dan plastik oxodegradable yang terurai dalam waktu 2-3 tahun. Sementara plastik ramah lingkungan yang bisa terurai akan diusahakan agar tidak terkena cukai ini. Hmm kalau gitu kita mesti biasain diri bawa kantong belanja sendiri, nih!

0 Komentar

0/200