Debat Capres Ideologi Boring?

789 • Dipublish 27 Maret 2019

Debat capres udah mau yang keempat aja. Salah satu yang bakal dibahas di debat capres kelima ini adalah soal ideologi. Hmm, kira-kira debat ideologi bakal berlangsung kayak gimana ya? Kalau kata Haris Azhar, aktivis HAM dan Founder LOKATARU sih, debat soal ideologi ini bakal boring banget. Buat Haris, debat ini cuma bakal jadi ajang ngeksis kedua paslon di TV. Sedangkan buat para pendukungnya, debat ini cuma jadi ajang fanatisme dan cari bahan bully buat paslon lawan mereka. Dagangan para paslon paling bakal itu-itu aja, Haris menegaskan. Prakiraan pertama, akan glorifikasi Pancasila. Lalu berlanjut membahas komunisme, terorisme, separatisme, liberalisme. Itupun cuma buat narasi aja. Kayak misalnya komunisme yang cuma sekedar dipelihara buat dimusuhi bersama-sama aja. Gak kelihatan urgensinya. "Saya gak mengharapkan apa-apa karena mereka juga gak nunjukin harapan yg kita tunggu-tunggu di debat besok kalau mereka berkuasa mau apa," tutupnya. Kacau sih emang, kalau debat cuma jadi ajang nongol di TV dan gak ada solusi. Nah kira-kira prediksi Bang Haris ini benar gak ya? Makanya besok jangan lupa nonton debat capres kelima disini!

0 Komentar

0/200