Botol Air Picu Kebakaran Mobil

410 • Dipublish 13 Juni 2019

Ternyata ninggalin botol air di mobil itu bisa picu kebakaran. Lah, kok bisa? emang airnya berubah jadi api? Tapi ternyata emang beneran bisa, loh! Buat membuktikannya, Dioni Amuchastegui, seorang teknisi dari pembangkit listrik di Idaho, Amerika Serikat, menemukan, bila suhu botol berisi air yang diletakkan di dalam mobil pada cuaca terik bisa mencapai 121 derajat celcius.

Selain itu, benar saja berdasarkan percobaannya, botol air bekerja layaknya kaca pembesar, jok kulit mobil lama kelamaan mengeluarkan asap dan sedikit terbakar. Sebenarnya Dioni bukan yang pertama ngalamin kejadian ini. Hal ini pertama kali diungkap oleh Julie Harris, Public Information Officer Bainbridge Public Safety di Georgia. Dirinya menjelaskan, ketika temperatur meningkat, air panas di dalam botol bisa menyebabkan kebakaran. "Guna pencegahan (kebakaran), bisa letakkan di bawah jok atau menutupinya dengan handuk. Langkah ini perlu dilakukan karena meninggalkan botol minum plastik bisa menyebabkan mobil terbakar habis," kata Harris. Hanya saja memang belum ada laporan mobil terbakar karena hal tadi.

Serupa dengan Julie dan Dioni, anggota satuan pemadam kebakaran setempat David Richardson juga menyatakan, sinar matahari yang masuk ke air dalam botol dapat bereaksi layaknya kaca pembesar dan menimbulkan api. Hmm, serem juga ya. Kamu yang suka parkir di tempat terbuka yang terpapar sinar matahari mesti hati-hati, nih. Kalau mau aman mending botol airnya ditaruh di laci dashboard.

0 Komentar

0/200