Sulis Tularkan Semangat Nyoblos

624 • Dipublish 15 April 2019

Pria yang akrab disapa Sulis ini merupakan salah satu dari 55 relawan demokrasi yang direkrut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang pada Januari 2019. Bapak 2 anak ini menjadi relawan demokrasi pada segmen disabilitas, bersama 4 orang lainnya.

Tugas Sulis, menjadi relawan pemilu 2019 kepanjangan tangan KPU kali ini tidaklah mudah seperti yang dibayangkan banyak orang. Dirinya mempunyai 'kewajiban' mensosialisasikan tahapan pemilu pada kelompok disabilitas, juga diharapkan bisa meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 pada segmen disabilitas.

"Tugas utama untuk meningkatkan angka partisipasi penyandang disabilitas pada Pemilu 2019 kali ini. Penyaluran hak pilih semaksimal mungkin, baik penyandang disabilitas maupun keluarganya," kata Sulis.

Suami dari Eni Liliyanti (46) ini menuturkan, selain menekan angka golput, tugas penting dari para relawan demokrasi berikutnya adalah mengurangi kesalahan para penyandang disabilitas dalam menggunakan hak suara. "Itu untuk menekan angka golput pada Pemilu 2019 ini," tuturnya.

Sulis menyandang disabilitas tuna daksa pada bagian kaki sebelah kanan sejak kecil. Untuk berjalan, dia menggunakan bantuan sepasang kruk. Sementara untuk bepergian jarak jauh, ia menaiki motor yang sudah dimodifikasi sesuai kebutuhannya.

0 Komentar

0/200