Indonesia Rame Menteri Perempuan

5,022 • Dipublish 22 April 2019

Perempuan sudah banyak mengisi jabatan-jabatan tinggi di birokrasi Indonesia, tertuama kementeriaan. Pemerintahan sekarang memiliki 8 perempuan yang memimpin 8 kementeriaan untuk membantu presiden. Ini jadi pimpinan kabinet perempuan terbanyak sepanjang sejarah Indonesia.

Menurut Ida Widianingsih penelilit Sosial dan Politik dan Universitas Padjajaran keterlibatan perempuan dalam birokrasi politik sangat sedikit apalagi dijabatan teratas. Rata-rata perempuan dalam struktur birkorasi hanya mentok ditingkat eselon II.

Dalam risetnya Ida berpendapat bahwa ada faktor-faktor tertentu yang membuat perempuan dan laki-laki tidak setara dalam birokrasi. Pertama, karena budaya maskulin dilingkungan kepemimpinan bahwa laki-laki cenderung lebih cocok memimpin.

Kedua soal stereotype negatif yang diterima oleh perempuan. Ada persepsi tertentu yang mendeskreditkan perempuan di ranah birkorasi seperti perempuan lebih renda dari laki-laki. Dan faktor dan norma lainnya.

Tapi itu semua dilawan secara tidak langsung oleh 8 menteri ini. Mereka membuktikan bahwa perempuan juga bisa menjabat sebagai menteri.

0 Komentar

0/200