88433797-7ad5-42e8-a8df-eba623c47786

Serangga Unik Mirip Kaiju

266 • Dipublish 21 Juni 2019

Jika melihat bentuknya, hewan ini seperti mahluk-mahluk imajiner dalam film-film fiksi. Terlihat unik, aneh bahkan mungkin menakutkan, tapi serangga-serangga mungil ini ada dan nyata hidup disekitar manusia. Serangga itu adalah Brazillian Treehoppers. Treehoppers adalah serangga yang merupakan anggota famili Membracidae, sekelompok serangga yang masih ada kaitannya dengan jangkrik dan wereng. Dikutip dari mongabay.co.id, ada sekitar 3.200 spesies treehoppers dan lebih dari 400 genera yang dikenal. Mereka dapat ditemukan di semua benua kecuali Antartika. Namun hanya ada 3 spesies yang dikenal di Eropa.

Treehopper merupakan jenis serangga yang memiliki bentuk tubuh yang unik. Bentuk tubuh mereka dipercaya telah mengalami evolusi selama berjuta-juta tahun sehingga memiliki keberagaman yang sangat banyak.

Ketika serangga pertama kali berevolusi 350 juta tahun lalu, mereka memiliki sayap yang tumbuh dari ketiga segmen dadanya. Namun 100 tahun kemudian, gen Hox menekan pertumbuhan sayap dari segmen pertama dada dengan menghambat kinerja gen terkait. Sayap dari segmen itu pun tak tumbuh sekian lama.

Nah, 40 juta tahun yang lalu, pada treehopper, aksi gen Hox bisa dihambat sehingga sayap tumbuh. Tapi, karena sayap di segmen pertama tak berfungsi membantu serangga terbang, maka dengan bantuan gen Nubbin, Distal-less and homo thorax, sayap itu bermodifikasi menjadi struktur serupa helm.

0 Komentar

0/200