9e329589-9ead-43d8-a11f-2c5d93db16c6

#1MENIT | Mantri Wafat Di Pelosok Papua

318 • Dipublish 24 Juni 2019

Jasa Patra Marinna Jauhari (31) memang tiada tara. Ia tetap menjalankan tugasnya layani kesehatan masyarakat Kampung Oya, Distrik Naikere, Teluk Wondama, Papua Barat meski sakit malaria hingga akhirnya meninggal dalam kesendirian. Jenazahnya baru ditemukan oleh rekannya di gubuk tempatnya tinggal setelah wafat selama 4 hari.

Saat itu sesama rekannya tinggalkan Patra atau biasa disapa Mantri Patra untuk mencari pertolongan ke Kota Wasior. Persedian logistik untuk mereka juga sudah habis seperti makanan sehari-hari. Karena sebenarnya mereka sudah selesai menjalankan tugasnya selama 3 bulan dari Februari di Kampung Oya dan ingin minta dijemput dengan helikopter. Namun, otoritas setempat terus menunda hingga Patra meninggal.

Patra adalah Pegawai Negeri Sipil Dinas Kesehatan Papua Barat yang ditugaskan untuk layani masyarakat pedalaman. Tiap tiga bulan Patra dan rekan-tekannya dirotasi atau pindah tugas ke daerah lain. Patra sendiri sudah 10 tahun menjadi PNS.

Sulitnya akses menuju kampung juga jadi kendala sulitnya mencari pertolongan. Untuk sampai ke Kampung Oya, Distrik Naikere harus berjalan kaki selama 3 hari 3 malam perjalanan. Alternatif lain untuk mencapai kampung tersebut adalah menggunakan helikopter yang biayanya sangat mahal dan hanya digunakan bagi orang yang punya uang lebih. Fasilitas kesehatan juga jadi masalah di kampung tersebut.

0 Komentar

0/200