53d03b12-530b-44df-999a-560a7e82b209

Janjikan Sekolah Biar Gak 'Ngelem'

285 • Dipublish 12 Juli 2019

Ada hal yang menyita perhatian Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat bersepeda di Bandung pada malam hari. Ya, Ridwan Kamil mendapati tiga anak kecil sedang 'ngelem' atau mabuk menggunakan lem.

Mantan wali kota Bandung itu sempat bertanya-tanya kepada tiga bocah itu. Ridwan Kamil bertanya soal cita-cita bocah tersebut. Bocah yang mengenakan kaus berwarna kuning menjawab ia becita-cita menjadi tentara. Sementara, bocah yang mengenakan kaus hitam menjawab ingin menjadi polisi.

"Polisi mah teu di anting atuh (polisi itu enggak pakai anting)," kata Ridwan Kamil.

Saat dihampiri Ridwan Kamil, ketiga bocah itu tadinya takut dan akan lari. Namun, akhirnya mereka mau berbicara.

"Saya pun berhenti dan coba-coba mengajak berkomunikasi. Akhirnya saya ngobrol dengan mereka dengan bahasa Sunda jalanan. Agar nyambung," tulis Ridwan Kamil.

Ketiga bocah tersebut akhirnya curhat. Mereka rupanya adalah anak putus sekolah lantaran orang tuanya termasuk tak mampu. "Akhirnya setiap hari mereka bermain dan menggelandang di trotoar," tulis Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil pun merayu bocah-bocah tersebut agar menyerahkan lemnya. Mereka pun mau. "Mereka juga antusias mau sekolah lagi karena saya janjikan sekolah, baju, bukunya saya akan saya biayai," tulis Ridwan Kamil. Tak hanya itu, ketiga bocah tersebut ternyata berjanji tak akan 'ngelem' lagi.

"Alhamdulillah mereka ternyata mau balik lagi ke sekolah. Mereka juga berjanji tidak mau ngelem lagi, jika nanti bersekolah. Cita-cita mereka: 2 mau jadi tentara, 1 mau jadi polisi," tulis Ridwan Kamil.

0 Komentar

0/200