60ff4740-a987-41a4-b8cf-8607e1b5a890

#1MENIT | Waspada Virus Cacar Monyet

1,141 • Dipublish 15 Mei 2019

Singapura pertama kali temukan kasus penyakit cacar monyet di negaranya. Penyakit tersebut ditemukan pada seorang turis asal Nigeria yang terjangkit virus tersebut. Guna mengantisipasi penyebaran virus, pihak otoritas Singapura langsung mengkarantina turis dan orang-orang yang telah berinteraksi dengannya.

Menurut WHO monkeypox atau cacar moyet biasa terjadi di Afrika. Virus ini ada di hewan liar seperti primata dan hewan pengerat. Virus bisa menular dari hewan ke manusia lewat kontek tertentu seperti cairan tubuh hewan. Namun, penularan umum terjadi saat manusia memakan hewan yang terjangkit virus monkeypox.

Orang yang terjangkit virus cacar monyet pada tahap awal akan merasa demam, ngilu badan dan menggigil. Serta muncul ruam-ruam disekitar tubuh mirip dengan gejala cacar air pada umumnya. Meski memiliki gejala yang sama cacar monyet tidak lebih mematikan dari cacar air. Akan lebih mematikan jika pengidap penyakit memiliki komplikasi.

Dinas Kesehatan Batam sudah mengantisipasi penularan virus cacar monyet di pintu-pintu masuk seperti pelabuhan dan bandara. Pelabuhan dan bandara diberi alat pemindai panas, jika otoritas setempat menemukan orang yang punya suhu tubuh diatas rata-rata akan dikarantina.

0 Komentar

0/200