Alasan Rel Kereta Berbatu Kerikil

337 • Dipublish 10 Juni 2019

Saat menelusuri rel kereta mungkin kalian akan bertanya-tanya alasan mengapa rel kereta dipenuhi dengan kerikil. Padahal lahan disekitarnya hanya tanah yang ditumbuhi rumput liar.

Batu kerikil yang ada di sekitar jalur kereta mempunyai banyak fungsi.

Pertama, kerikil berguna untuk menjaga rumput liar tidak tumbuh di sekitar rel. Batu-batu kerikil ini akan memenuhi tanah yang ada dibawah rel agar menghambat sinar matahari langsung ke tanah, Jika matahari langsung menyinari tanah maka tanah yang subur akan tumbuh dengan rumput-rumput liar. Rumut liar sekalipun pendek berbahaya jika menutupi rel memiliki potensi terjadinya slip di roda kereta.

Selain menjaga rel dari tumbuhan liar, kerikil juga memiliki fungsi sebagai pemberat bantalan rel. Bantalan rel yang terbuat dari papan kayu atau beton melintang diantara dua baja panjang berguna untuk menjaga dua batang baja tersebut.

Nah, fungsi batu kerikil ini untuk menjaga bantalan tetap berada di tempatnya. Karena fondasi bantalan yang berdiri diatas tanah tidak terlalu kokoh. Butuh partikel penahan seperti kerikil agar tetap stabil.

Ketiga, batu kerikil yang tertimbun rapi dapat menahan getaran rel kereta saat melewati dua batang baja. Ketika kereta lewat kalian bisa merasakan getaran yang kuat bukan? Getaran kereta tersebut bisa berpotensi merusak struktur gerbong kereta itu sendiri karena terlalu kuat.

Jika di bawah rel kereta ditaburi batu kerikil secara merata, getaran yang ada ditanah bisa dikurangi. Sehingga, kereta jadi lebih awet.

Terakhir kegunaan batu kerikil di sekitar jalur bisa menghindari terjadiya erosi. Tanah yang tidak dipenuhi dengan kerikil bisa menjadi genangan ketika hujan. Ketika air menggenangi permukaan tanah air akan masuk ke pori-pori dan membuat tanah menjadi rapuh. Saat tanah rapuh potensi erosi tanah di rel kereta sangat mungkin terjadi.

Namun, batu kerikil tidak diperlukan di rel kereta yang berpondasi aspal seperti rel di jalan raya. Karena struktur aspal sudah kuat dan stabil.

0 Komentar

0/200