Desa Ponggok Sukses Kelola Dana Desa

491 • Dipublish 9 Mei 2019

Desa Ponggok di Klaten, Jawa Tengah sukses mengelola dana desa untuk kemajuan dan kesejahteraan warganya.

Melalui BUMDes atau Badan Usaha Milik Desa Tirta Mandiri mereka mengelola wisata Umbul Ponggok yang kini terkenal seantero tanah air karena menjadi destinasi wisata selfie di dalam air. BUMDes juga mengeloa toko desa, Ponggok Ciblon, dan budidaya perikanan.

Dana desa dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur pendukung wisata ke desa tersebut. Misalnya jalan desa serta fasilitas sanitasi dan MCK.

Dari tahun ke tahun, pendapatan desa dari wisata terus naik karena dikelola dengan manajemen yang rapi dan profesional.  Sejak dimulai tahun 2013 pendapatan desa mencapai Rp 211 juta per tahun dan naik pada 2016 menjadi Rp 10,3 miliar per tahun.

Selain wisata, Desa Ponggok pun punya unggulan satu rumah satu sarjana. Anggota keluarga yang berkuliah mendapat subsidi Rp 300.000 per bulan untuk membantu pembiayaan pendidikan. Juga ada program rehab rumah, perlindungan sosial lansia, serta perlindungan kesehatan.

Desa Ponggok sukses mengelola dana desa berkat kekompakan warganya untuk punya visi yang sama memajukan daerah. Juga keteladanan Kepala Desa Ponggok Junaedhi Mulyono yang berhasi menggerakaan seluruh komponen masyarakat untuk berpartisipasi dan transparan dalam pemanfaatan dana desa.

Semoga makin banyak desa maju di Indonesia seperti Desa Ponggok!

0 Komentar

0/200