Puasa Bikin Awet Muda

641 • Dipublish 5 Mei 2019


Berpuasa dengan teratur bisa membantu mengurangi risiko penuaan pada sel tubuh. Ini karena tubuh jadi tidak sering memproduksi insulin. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI), Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, SpPD-KEMD.

“Puasa dari aspek medis itu baik. Karena kalau kita sering makan banyak, tubuh manusia itu semakin tua. Karena kalau kita sering makan, ada insulin yang terus keluar,” ungkapnya di acara "Waspada Hipoglikemia Saat Berpuasa", Jakarta (26/4).

“Kalau orang rutin berpuasa, maka tidak selalu memicu insulin keluar. Kalau insulin terlalu tinggi dan terlalu dipicu, dapat merangsang hormon growth factor. Nah, itu yang memicu sel itu tumbuh, tetapi kalau picuannya terlalu keras, juga bisa membuat sel itu mati atau tua,” tutur Ketut.

Menurut Ketut, inilah gunanya berpuasa rutin. Ia mengatakan bahwa berpuasa rutin akan membuat insulin di tubuh tidak sering dipicu terlalu tinggi. Ketut menjelaskan bahwa insulin bertugas membawa glukosa masuk ke otot. Glukosa ini kemudian disimpan ke dalam hati. Pada saat kita berpuasa atau tidak makan, hormon insulin akan menjadi rendah.

Untungnya, ketika insulin rendah, ada hormon lain yang menggantikan tugasnya. Itu adalah hormon glukagon. Menurut Ketut, hormon itu akan membongkar cadangan gula, terutama di hati, untuk menjaga kadar gula dalam darah.

0 Komentar

0/200