fb37d894-8f50-4123-a3d1-650f0327eefd

Pelanggaran HAM di Kampung Bali

489 • Dipublish 1 Juli 2019

Amnesty International Indonesia menemukan fakta polisi Brimob telah melakukan kekerasan terhadap sipil saat amankan Aksi 22 Mei. Ada sekitar 5 orang yang diduga menjadi korban penganiayaan Brimob di Kampung Bali dan Jalan Agus Salim, Jakarta Pusat.

Penyelidikan yang dilakukan oleh AI Indonesia berawal dari video viral seorang sipil dipukul ditengah sebuah lahan parkir. Video tersebut langsung diselidiki oleh tim digital AI dari Jerman, Berlin.

Setelah melakukan validasi video mereka langsung mencari korban dan melakukan wawancara mendalam untuk menceritakan kronologis.

Hasil temuan AI soal kekerasan yang dilakukan Brimob di Kampung Bali diduga dilakukan secara acak oleh Brimob. Saat itu tim Brimob sedang melakukan penyisiran TKP disekitar wilayah tersebut. Lalu mereka meminta masuk ke dalam lahan parkir yang ditutup. Tiba-tiba Brimob menyeret dan memukuli salah satu warga. Diduga bukan cuma pemukulan yang terekam video saja, Brimob juga melakukan pemukulan ke pembuka gerbang dan seseorang yang sedang tidur di gubuk lahan parkir.

Pemukulan gak cuma terjadi di Kampung Bali saja, Brimbo juga menganiaya sipil di Jalan Agus Salim, Jakarta Pusat.

Amnesty International minta polisi serius untuk melakukan penyelidikan terhadap kasus kekerasan yang meliputi Aksi 22 Mei.

0 Komentar

0/200