84ebc625-0e88-445c-9b99-e2ec133b1773

Spanduk Prabowo Dibongkar, Kenapa?

939 • Dipublish 8 Mei 2019

Klaim kemenangan kedua paslon udah sampai masang-masang baliho aja. Kayak gini mancing keributan banget, nih. Pas baliho kemenangan paslon 02 diturunkan aja, banyak yang protes.

Padahal sebenarnya KPU udah menghimbau biar baliho-baliho kayak gini gak perlu dipasang karena bisa timbulkan polemik di masyarakat. Jadi ya, wajar aja kalau sampai Bawaslu lakukan penertiban. Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Pemilu Bawaslu Kabupaten Bogor Abdul Haris, diwartakan Kompas.com, Selasa (30/4/2019), mengimbau masyarakat untuk tidak memasang spanduk atau baliho kemenangan capres-cawapres. Pasalnya hal itu akan mengganggu tahapan pemilu.

“Kita berpikir kepada dampaknya karena bisa mengganggu proses tahapan pleno yang sedang berjalan. Sebaiknya jangan dipasang, kita tunggu sampai penetapan nanti. Kalau pun mau mengucapkan selamat, ya nanti setelah ada keputusan yang jelas (rekapitulasi),” ujar Haris seperti dilansir Suratkabar.id.
Jika ada pihak yang terganggu, Haris menyebut, mereka bisa mengadu ke pengawas untuk ditindaklanjuti. “Kalau ada pihak yang merasa terganggu dengan adanya baliho itu bisa menyampaikan aduan ke pengawas pemilu. Nanti kami bisa melakukan kajiannya,” imbuh Haris lebih lanjut. Sementara itu, spanduk kemenangan paslon 01 juga gak luput dari penertiban. Spanduk klaim kemenangan yang terpasang di sejumlah wilayah di Bantul yakni Kecamatan Sedayu dan Pleret juga ditertibkan sama Satpol PP Bantul. Berkoordinasi dengan Kodim, KPU, Bawaslu Bantul, dan lembaga lainnya, tim Satpol PP mengusahakan suasana yang aman dan tertib pasca Pemilu 2019. Sebelum ada pengumuman resmi dari KPU yang menyatakan pemenang dalam Pilpres 2019, pihaknya akan tetap menurunkan spanduk yang merujuk pada kemenangan salah satu paslon.

Sebab, pemasangan spanduk seperti ini justru akan memancing konflik antar pendukung kedua paslon. Ia meminta pada masyarakat untuk menunggu hasil resmi dari KPU RI yang akan diumumkan setelah perhitungan surat suara selesai. Jadi gak perlu lagi deh, ada aksi kawal-kawalan spanduk. Wong, semuanya kena.

0 Komentar

0/200