Pahlawan Cilik Gempa Lombok

971 • Dipublish 28 Maret 2019

Taufik (12) adalah pahlawan cilik yang berani menyelamatkan turis asing terjebak longsoran gempa di Wisata Air Terjun Tiu Kelep, Lombok Utara. Ia mencari jalur evakuasi dan menuntun 22 turis asal Malaysia yang menjadi korban. Ia diberi penghargaan sebagai pahlawan karena tindakannya yang sangat berani untuk anak seusianya.

Taufik berasal dari keluarga yang tergolong miskin menurut Kepala Desa tempat tinggalnya. Ia tinggal bersama nenek dan beberapa sepupunya. Bocah difabel rungu dan wicara ini juga bantu hidupi keluarganya dirumah. Kerja sambilan sebagai guide di Wisata Air Terjun Tiu Kelep di Desa Senaru.

Hidup Taufik memang kurang beruntung, sejak kecil harus tinggal sama neneknya karena ditinggal oleh orangtuanya. Orangtuanya bercerai dan ada yang hijrah ke Malaysia meninggalkannya. Beruntung ia masih punya nenek dan kakek yang selalu mengiriminya uang hasil kerja di Malaysia untuk menyambung hidup.

Lembaga yang ikut bantu turis Malaysia, Global Peace Mission usahakan Taufik diberi penghargaan karena jasanya. Organisasi tersebut usulkan ke pemerintah Malaysia untuk bantu pendidikan Taufik sampai universitas serta biaya pengobatannya.

Para turis juga terima kasih kepada Taufik dan teman-temannya karena sudah membantu evakuasi.

0 Komentar

0/200