Melon Seharga Mobil Pajero

613 • Dipublish 10 Juni 2019

Di Indonesia, rata-rata harga melon yang dijual tidak akan sampai Rp100 ribu per kilogram. Kalau lagi beruntung, mungkin kamu bisa membeli melon jenis golden seharga Rp 85 ribu per kilonya.

Namun, lain ceritanya kalau ke Jepang. Di sana kamu bisa menemukan melon Yubari yang harganya mencapai Rp 656 juta pada tahun ini.

Melansir dari Japantimes.co.jp, sebuah perusahaan asal Tokyo, Pokka Sapporo Food & Beverage, berhasil memenangkan lelang melon Yubari di pasar grosir Sapporo. Pada lelang pertama musim ini, sepasang melon hibdrida asal Yubari, Hokkaido, terjual dengan harga 5 juta Yen atau sekitar Rp656 juta.

Harga tersebut memecahkan rekor penjualan pada 2017 yang dibeli seharga Rp 3 juta Yen atau sekitar Rp 394 juta. Rencananya melon akan dipamerkan selama 10 hari di Sapporo Dome dan Bandara New Chitose, Hokkaido.

Direktur Perusahaan Pokka Sapporo Food & Beverage, Yoshihiro Iwata, mengatakan dengan membeli melon tersebut, dia ingin memberikan sesuatu kepada kota asal perusahaannya. Selanjutnya, Pokka Sapporo Food & Beverage akan mengolah melon Yubari sebagai minuman spesial.

Melon Yubari sangat mahal di Jepang karena sarat sejarah di baliknya. Dulu, orang Jepang menggunakan melon ini sebagai hadiah perayaan Ochugen, sebuah budaya memberikan bingkisan saat musim panas kepada orang yang dihormatinya.

Istimewanya lagi, melon ini dianggap sebagai simbol status di Jepang yang setara dengan wine terbaik. Meski demikian, tak sembarang orang bisa memperjualbelikannya secara bebas. Sejak 2015, Yubari dianggap sebagai melon yang dilindungi.

Bukan tanpa alasan, membudidayakan melon Yubari tidaklah mudah. Buah ini dihasilkan dari persilangan antara dua jenis melon, kemudian ditanam di rumah kaca.

Diperlukan perawatan yang khusus, supaya hasil panennya bisa berhasil. Maka dari itu, ada regulasi pembatasan produksi melon Yubari. Siapa pun yang melanggar aturan jual-belinya, maka akan menerima hukuman.

0 Komentar

0/200