aa28390d-ef0d-41d2-9a2c-f3d1718eb479

Polusi Cahaya Juga Bahaya

270 • Dipublish 28 Juni 2019

Walau sering dianggap remeh, tapi polusi cahaya juga bisa berbahaya. Emang sih tetap gak separah pencemaran air, tanah, atau udara, tapi polusi yang 1 ini bisa pengaruhi kehidupan di bumi.

Dampaknya yang paling terlihat adalah ketidakmampuan kita melihat bintang-bintang di langit karena cahaya yang kita pakai banyak yang disorot ke atas. Tumbuhan dan hewan bergantung pada siklus harian bumi dari ritme terang dan gelap untuk mengatur perilaku mereka seperti reproduksi, makan, tidur dan perlindungan dari pemangsa.

Cahaya buatan justru membawa efek negatif, baik pada burung, amfibi, mamalia, serangga dan tanaman. Misalnya, burung yang bermigrasi atau berburu di malam hari. Navigasi mereka bergantung pada cahaya bulan dan bintang, sementara cahaya buatan justru menyebabkan mereka berkeliaran di luar jalur dan tersesat.

Setiap tahun, jutaan burung mati bertabrakan dengan bangunan dan keberadaan lampu buatan dapat menyebabkan mereka bermigrasi terlalu dini atau terlalu terlambat. Akibatnya, mereka bisa kehilangan kondisi iklim yang ideal untuk bersarang dan mencari makan.

Menurut ekolog Eva Knop dari University of Bern di Swiss. Dalam perhitungan mendetail kehidupan penyerbukan kubis kubis (Cirsium oleraceum), Knop dan rekan menemukan bahwa tanaman dengan cahaya malam menghasilkan 13 persen lebih sedikit biji dibandingkan dengan tumbuhan yang berada di tempat gelap alami.

Kata Knop, lebih dari 80 persen spesies bunga mendapat bantuan dari hewan dalam membuat biji, dan tidak ada yang berevolusi dengan cahaya setelah matahari terbenam.

“Saya berharap orang-orang mulai menyadari bahwa itu benar-benar sesuatu yang mengubah seluruh ekosistem,” katanya.

Bahkan manusia gak luput dari efek negatif polusi cahaya ini. Kita semua tahu bahwa cahaya yang terlalu terang bisa merusak mata manusia. Salah satu efek polusi cahaya pada manusia adalah disability glare, alias hilangnya kontras pada retina sebagai akibat dari sebaran cahaya intraokular.

Dapat pula didefinisikan sebagai pengurangan ketajaman penglihatan akibat cahaya yang terlampau terang.

Selain berimplikasi buruk pada mata, polusi cahaya juga mengganggu circadian rythm manusia. Hal ini berkaitan dengan siklus jam sirkadian dalam tubuh yang memengaruhi proses fisiologis hampir semua organisme, termasuk manusia.

Gangguan ritme ini dapat mengakibatkan insomnia, kacaunya jam tidur, depresi hingga penyakit kardiovaskular. Buset, serem juga ya polusi yang ini. Makanya kurangi pemakaian lampu yang terlalu terang. Lagian malam hari emang harusnya gelap kan?

0 Komentar

0/200