39a86548-6610-4da1-9023-1b05c66018e2

Belajar Toleransi Dari Dewi

414 • Dipublish 5 Juli 2019

Foto Dewi Praswida (23) viral karena perempuan berkeredung tersebut bersalaman langsung dengan Paus Fransikus pemimpin agama Kristen Katholik di Vatikan. Ada cerita menarik dari pengalaman Dewi dibalik foto yang fenomenal tersebut.

Perempuan asal Semarang ini tidak hanya bersalaman dengan Paus ditengah pertemuan umum dengan umat Katholik. Saat bersalaman Dewi sempat berbincang pendek dengan Paus. Ia minta didoakan Paus untuk perdamaian dunia dan mengenalkan diri dari Indonesia. Paus pun menjawab dan akan mendoakan kemauannya.

Dewi sendiri sudah dua kali bertemu dengan Paus. Baginya pertemuan dan perbincangan pendek itu makin meyakinkan dirinya bahwa perbedaan agama bukan sekat bersaudara. Ia tidak ingin melihat seseorang dari latar belakang agamanya.

Dewi adalah mahasiswi yang berkuliah strata dua Ilmu Lingkungan dan Perkotaan di Universitas Katholik Soegijapranata, Semarang, Jawa Tengah. Dua juga sempat kuliah di S1 di Universitas Negeri Semarang

Cerita ia sampai ke Vatikan merupakan bagian program beasiswa dari Yayasan Nostra Aetate, sebuah program dari Vatikan untuk komunikasi lintas agama. Beasiswa ini ditawarkan oleh kampus kepada Dewi. Dewi pun menerima tawaran tersebut dan langsung belajar singkat mengenai Katholik.

Pemudi yang juga tergabung dengan Gusdurian Jawa Tengah ini sengaja menerima beasiswa karena ingin mendalami pandangan semua agama terhadap suatu isu. Dari pembelajaran itu ia bisa mengetahui persepktif agama masing-masing.

Ketertarikannya belajar ke Vatikan karena merasa resah dengan kondisi keagamaan masyarakat Indonesia yang kian bermasalah. Harapan ia saat mempelajari teologi agama supaya mengerti perspektif agama dan tidak saling curiga serta menghakimi.

0 Komentar

0/200