eb6f799f-2353-42fc-9276-628bba3ce0f6

Kita Biasa Telan Plastik

624 • Dipublish 12 Juni 2019

Ternyata selama ini kita biasa telan plastik kira-kira 5 gram atau setara satu sendok teh dalam seminggu. Emang yang paling banyak tercemar apa, sih? Penelitian ini dilakukan oleh tim riset mikroplastik University of Newcastle di Australia.


Penelitian itu mengumpulkan penelitian yang sudah dilakukan 50 peneliti internasional guna memberikan perhitungan akurat mengenai tingkat sampah yang kita telan atau hirup.


Dalam kesimpulannya, mereka mengatakan setiap orang 'paling kurang' menelan sekitar dua ribu bahan plastik setiap minggu.
Penelitian ini difokuskan pada bahan plastik yang berukuran sekitar 1 mm, yang merupakan bahan yang paling banyak ditelan manusia. Peneliti dari University of Newcastle Thava Palanisami mengatakan air minum entah dari air botolan maupun dari kran adalah sumber utama masuknya bahan plastik ke dalam tubuh manusia. Dr Palanisami mengatakan bahwa bahan mikroplastik sekarang ini semakin banyak disebut menjadi bahan yang dikonsumsi oleh manusia.


Sejauh ini tidak ada data khusus mengenai tingkat konsumsi mikroplastik di Australia, namun Dr Palanisami memperkirakan tingkatnya lebih rendah, karena lingkungan yang lebih bersih dibandingkan negara lain.


Dia mengatakan langkah selanjutnya dari penelitian mereka adalah mengkaji dampak kesehatan manusia karena menelan bahan-bahan plastik tersebut.


"Bagaimana dampak nyatanya? Ini yang masih harus dikaji," kata Dr Palanisami. Tapi kayaknya gak perlu nunggu hasil kajian lebih lanjut ini buat dirilis. Soalnya bahaya pencemaran plastik ini orang rata-rata harusnya udah pada tahu.

0 Komentar

0/200